selamat datang

selamat datang di blog yadik henrdyanto

Sabtu, 29 Oktober 2011

Ubah label tombol Start


Salah satu ciri khas sistem operasi Windows adalah tombol [Start], dimana beragam kegiatan berkomputer dimulai. Jika Anda adalah pengguna setia Windows, mungkin saja ada rasa bosan dengan kata Start yang terus-menerus digunakan di tiap versi. Apa gak ada kata lain? Kalau memang begitu, ubah saja label Start tersebut menjadi sembarang teks yang Anda inginkan. Mungkin hal seperti ini sudah pernah Anda ketahui atau lakukan sebelumnya, karena ada cukup banyak aplikasi bantu yang menawarkan fitur pengubahan label Start.
Padahal, untuk mengubah label tersebut tidaklah sulit, hanya bermodalkan aplikasi editor heksadesimal (hex editor) dan sedikit berjuang di jendela Registry Editor, niscaya Anda dapat mengubah kata Start menjadi kata lainnya. Tertarik? Coba Anda implementasikan beberapa tahapan di bawah ini.

Mengubah label Start

1.      Melalui jendela Windows Explorer, masuklah ke C:\WINDOWS lalu gandakan (Copy) file explorer.exe di lokasi yang sama. Dalam contoh ini, file salinan diberi nama explorer-baru.exe.
2.      Jalankanlah editor heksadesimal, lalu bukalah file explorerbaru.exe tadi untuk dimanipulasi. Gunakanlah fitur pencarian di aplikasi untuk mencari kode heksadesimal kata Start, yaitu 53 00 74 00 61 00 72 00 74. Setelah ketemu, jangan terburu-buru untuk mengubahnya, karena di dalam file ini tersimpan banyak sekali kata Start, sedangkan yang perlu diedit hanya yang mengacu pada tombol [Start]. Maka dari itu, untuk memastikan bahwa kode heksadesimal yang Anda temukan sudah tepat, pastikan terdapat kalimat There was an internal error and one of the windows you were using has been close sebelum kodenya.
Meskipun tidak selalu sama, Anda boleh mengacu pada tabel di bawah ini yang merupakan catatan lokasi kata Start berdasarkan versi Windows-nya. Kalaupun tidak selalu tepat, kode offset di tabel berikut cenderung mendekati kode heksadesimal yang dicari.

Range Offset
Versi Windows
0x00028D6E
sampai
0x00028D76
Windows 9X
0x00028BEE
sampai
0x00028BF6
Windows NT4
0x00033DDE 
sampai
0x00033DE6
Windows ME
0x0003860E 
sampai
0x00038616
Windows 2000
0x000412B6 
sampai
0x000412BE
Windows XP (tampilan XP)
0x0004158A 
sampai
0x00041592
Windows XP (tampilan klasik)
0x0004208E 
sampai
0x00042096
Windows XP SP1 (tampilan XP)
0x0004259A 
sampai
0x000425A2
Windows XP SP1 (tampilan klasik)

Catatan : Beberapa aplikasi editor heksadesimal tidak menggunakan format *x******** seperti yang ditampilkan di tabel (misalnya 0x0004259A), melainkan hanya menampilkan kode di ruas kanan saja dan angka nol di depan juga tidak ditampilkan (misalnya 4259A).
1.      Bila sudah mendapati kode heksadesimal tersebut, ubahlah huruf demi huruf kode tersebut menjadi sembarang kata yang diinginkan. Jangan lupa, bahwa jumlah maksimal karakter yang diizinkan hanya sebanyak 5 saja. Sebagai contoh, Anda dapat mengubah kata Start menjadi Mulai. (gambar1)
2.      Untuk memudahkan proses pengubahan, ubahlah mode editor heksadesimal Anda menjadi mode pengeditan (editing mode), jadi Anda cukup mengklik huruf yang ingin diubah, lalu menekan sembarang karakter dari keyboard sebagai karakter yang baru.
3.      Pengeditan kata Start sudah selesai, pastikan untuk menyimpan perjuangan Anda dan setelah itu editor heksadesimal sudah dapat ditutup.

Menggunakan file explorer.exe yang baru

Langkah berikutnya adalah memetakan ulang agar sistem membaca file explorer-baru.exe. Maksudnya adalah agar sistem menggunakan file explorer-baru di mana kata Start telah diubah. Hal ini tidak serta-merta dilakukan, karena saat ini sistem sedang menggunakan file explorer.exe, jadi Anda tidak bisa langsung mengubahnya. Ikutilah cara melakukannya sesuai versi Windows yang Anda pakai di bawah ini.
·         Windows 9X dan ME
1.      Untuk kedua versi Windows ini pertukaran nama file dilakukan melalui prompt DOS murni, jadi matikanlah sistem dan masuk ke mode teks. Untuk pengguna ME dapat menggunakan disket boot.
2.      Masuklah ke direktori C:\Windows, lalu ubahlah nama file explorer.exe menjadi sembarang nama lainnya (misalnya explorer-asli.exe).
3.      Setelah itu, ubahlah nama file explorer-baru.exe menjadi explorer.exe. Dengan begitu, kelak file hasil pengeditan inilah yang akan digunakan sistem.
4.      Akhiri dengan mengulang sistem (Restart) dan sekembalinya ke tampilan desktop, niscaya label Start sudah berubah.
·         Windows NT
5.      Prinsip yang sama juga harus dilakukan pengguna NT, tetapi ada sedikit perbedaan dalam melakukannya. Awalilah dengan menjalankan jendela Command Prompt lalu piculah jendela Task Manager, misalnya dengan menekan kombinasi tombol [Ctrl] + [Alt] + [Del]. Melalui tab [Process], cari dan pilihlah explorer.exe dari daftar.
6.      Matikan proses tersebut dengan cara mengklik tombol [End Process]. Berikutnya hanya akan tersisa 2 buah jendela, yaitu Command Prompt dan Task Manager. Beralihlah ke jendela Command Prompt dan masuklah ke direktori di mana file explorer.exe berada.
7.      Ubahlah nama file explorer.exe menjadi sembarang nama lainnya (misalnya explorer-asli.exe). Setelah itu, ubahlah nama file explorer-baru.exe menjadi explorer.exe.
8.      Beranjaklah kembali ke jendela Task Manager dan klik tombol [New Task]. Ketikkan perintah explorer.exe agar desktop kembali di load dengan label di tombol [Start] yang telah berubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih telah membaca artikel saya, silahkan berkomentar: